Apa Fungsi PT. Myfast Solutions (MFS) bagi perusahaan?

  1. Menganalisa kebutuhan layanan kesehatan yang sesuai dengan budget dan ketentuan perusahaan
  2. Mencari dan mendapatkan jasa layanan kesehatan yang mampu mengakomodir kebutuhan perusahaan
  3. Memastikan bahwa layanan kesehatan tersebut dijalankan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati
  4. Menjembatani proses layanan kesehatan apabila ada ketidaksesuaian dalam pemberian layanan
  5. Memberikan PIC khusus
  6. Melakukan pengambilan dokumen klaim
  7. Mengadakan evaluasi layanan per tiga bulanan atau sesuai permintaan

Dalam perjalanan kerjasamanya, apakah perusahaan (user) berhubungan dengan Perusahaan pemberi layanan atau hanya dengan PT. MFS?

Tentunya, akan lebih baik jika setiap perusahaan berhubungan terlebih dahulu dengan PT MFS agar semua kendala atau permasalahannya dapat di catat dan ditindaklanjuti, tetapi tidak ada salahnya apabila dalam kondisi emergency perusahaan menghubungi langsung perusahaan pemberi layanan.

Apakah ada biaya tambahan selain pembayaran premi atau admin fee yang harus dikeluarkan oleh perusahaan untuk menggunakan jasa PT. MFS?

Tidak ada, fee PT. MFS berasal dari jasa pemberi layanan (mitra kerja).

Alasan kenapa “Food Suplement” tidak ditanggung oleh Asuransi?

Food Supplement adalah tambahan dari obat yang diberikan karena Food Supplement tidak mengobati penyebab penyakit dan tidak termasuk standard pengobatan yang wajib diberikan.

Kondisi seperti apa yang disebut dengan Gawat Darurat?

Gawat Darurat : keadaan pelayanan kesehatan yang sangat diperlukan secara medis dan tidak dapat ditunda lagi segera setelah kejadian atau dalam kurun waktu 24 jam setelah kejadian untuk menyelamatkan jiwanya atau mencegah kelainan yang permanen.

Kondisi yang termasuk gawat darurat, termasuk tidak terbatas pada :

  1. Serangan Jantung
  2. Kejang-kejang
  3. Pendarahan hebat
  4. Pernyataan kondisi gawat darurat dinyatakan oleh dokter yang merawat bukan oleh pihak keluarga/pasien.

Bagaimana untuk pengajuan klaimnya?

PT. MFS akan mengambil dokumen klaim tersebut dan menyerahkan mitra kerja.

Apa saja kelengkapan dokumen untuk pengajuan klaim?

  1. Formulir klaim yang di isi lengkap dan di tandatangani oleh peserta.
  2. Kuitansi asli atas biaya pengobatan. Jika pengobatan di Luar Negeri, kuitansi sama dengan tax invoice atau official receipt.
  3. Nota, bill, invoice dan bukti pembayaran yang bukan di maksudkan di atas, tidak dapat diproses klaim nya.
  4. Resume medis di isi lengkap dan di tandatangani oleh dokter.
  5. Perincian biaya
  6. Copy resep atau hasil diagnostik jika ada.

Asuransi menerbitkan Tabel Pembedahan, bagaimanakah bila seorang Peserta dilakukan pembedahan namun klasifikasi pembedahan yang digunakan rumah sakit berbeda dengan yang diberlakukan oleh asuransi?

Bila terjadi perbedaan klasifikasi bedah yang digunakan di Rumah Sakit, maka ketentuan yang berlaku adalah klasifikasi bedah sesuai Tabel Pembedahan Asuransi

Pada proses penjaminan, apakah yang dimaksud dengan kriteria “dibutuhkan secara medis”?

Mempunyai arti :

  1. Wajar dan biasa
  2. Ditujukan untuk pengobatan langsung pada Penyakit/luka
  3. Tepat dan konsisten dengan keluhan, gejala, diagnosa dan pengobatan dari Penyakit/luka
  4. Sesuai dengan standard praktek kedokteran yang berlaku
  5. Bukan untuk mencari keuntungan atau kepentingan bagi Peserta pertanggungan atau Dokter atau Rumah Sakit atau Institusi Medis lainnya.

Apakah yang dimaksud dengan pengobatan/perawatan “Wajar dan Biasa”?

Tidak berlebihan atau sesuai standar yang berlaku, dan Merupakan rangkaian biaya yang dapat dijelaskan secara logis.

Apakah yang menyebabkan proses penjaminan dinyatakan tidak disetujui?

  1. Data medis peserta yang diperlukan untuk penjaminan tidak lengkap
  2. Pelayanan yang diberikan bukan “Dibutuhkan secara Medis”
  3. Pelayanan yang diberikan tidak memenuhi ketentuan pengobatan/perawatan yang “Wajar dan Biasa”
  4. Pelayanan termasuk dalam kategori pengecualian
  5. Peserta tetap mendapatkan pelayanan yang tidak disetujui.

Bagaimana cara peserta mengurangi Ekses Klaim?

Ekses Klaim terjadi karena penggunaan perawatan yang tidak sesuai atau melebihi manfaat yang menjadi haknya. Oleh karena itu disarankan pada peserta untuk secara bijak memilih rumah sakit dan kamar perawatan sesuai dengan haknya.

Apakah yang harus dilakukan bila kartu hilang, sementara peserta harus dirawat inap?

Yang harus dilakukan adalah :

  1. Peserta menghubungi HRD perusahaannya untuk mengirimkan surat pernyataan kehilangan kartu dan surat permohon penjaminan ke Asuransi
  2. Setelah Pegawai Call Center Asuransi menerima surat pernyataan kehilangan kartu dan surat permohonan penjaminan dari HRD perusahaan peserta, Pegawai Call Center Asuransi akan membantu untuk proses penjaminan ke rumah sakit dimana peserta di rawat
  3. Apabila proses penjaminan tidak disetujui oleh Asuransi, maka peserta harus melakukan pembayaran sementara secara “Reimbursement”.

Bagaimana cara pengajuan klaim untuk klaim yang telah diajukan ke asuransi A dan sisanya akan diajukan ke Asuransi B?

Peserta mengirimkan semua salinan dokumen klaim dan kuitansi yang telah dilegalisir oleh Asuransi A disertai dengan surat pemberitahuan dari Asuransi A tentang jumlah klaim yang sudah diajukan dan jumlah yang telah dibayarkan oleh Asuransi tersebut.

Category
Tags
No Tag

Comments are closed